Cara Screenshot Samsung Galaxy A50 Terbaru – Salah satu fitur wajib bawaan smartphone adalah tangkapan layar atau screenshot. Maka dari itu berikut ini adalah tutorial cara screenshot Samsung Galaxy A50. FItur ini sangatlah berguna jika kamu ingin mengabadikan sebuah informasi atau momen penting saat browsing, chating, nonton, bermain game, dll.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A50 Terbaru

Galaxy A50 merupakan salah satu smartphone Samsung terbaru dan memiliki spesifikasi yang lumayan tangguh. Smartphone ini menjalankan Android Pie terbaru. Samsung menanamkan berbagai fitur dan kemampuan yang lebih baik di smarphone ini. Galaxy M20 memiliki layar 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ yang akan memberikan user experience multimedia lebih baik.

Ada beberapa cara untuk bisa mengambil screenshot di sebuah smartphone Android, Ada yang menggunakan tombol hardware, tombol shortcut di layar hp maupun gesture swipe. Terdapat 2 cara screenshot Samsung Galaxy A50 ini, yakni menggunakan tombol hardware dan menggunakan fitur palm swipe gesture.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A50 Dengan Mudah

Pada samsung galaxy A50 kamu juga bisa mengambil screenshot panjang atau scroling screenshot. Dengan cara ini kamu bisa mengabadikan lebih banyak konten secara vertikal, contohnya adalah capture halaman website atau ebook. Dan kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa menggunakanya di Galaxy A50.

Jika menurutmu fitur screenshot Samsung Galaxy A50 kurang lengkap. kamu bisa menginstal aplikasi pihak ketiga andalan kamu. Carilah aplikasi yang bisa memberikan experience lebih baik dan memiliki banyak fitur. Ada banyak aplikasi semacam ini yang bisa di download melalui Google Play Store, dari yang gratis hingga berbayar.

Ttutorial kali ini kita akan membahas tutorial cara screenshot Samsung Galaxy A50. Dengan cara menekan kombinasi tombol hardware. Menggunakan fitur Palm Swipe gesture, dan Google Assistant. Kamu bisa memilih metode mana yang cocok dan sesuai kebutuhan. Simak panduannya dibawah ini.

Note:

  • Tutorial ini berlaku untuk smartphone Samsung Galaxy A50. Namun tidak menutup kemungkinan bisa digunakan di seri Samsung Galaxy lainya.
  • Hasil screenshot otomatis akan terimpan di memory internal.
  • Saat membuat panduan ini, kami menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa yang aktif di perangkat.
  • Panduan untuk Bahasa Indonesia juga sama saja.

Screnshot menggunakan Tombol Fisik

Untuk metode pertama ini merupakan cara umum paling simpel. Dan biasa digunakan di perangkat Android lainya. Kamu bisa mengambil screenshot dengan menekan kombinasi tombol hardware. Untuk lebih lengkapnya ikuti panduan dibawah ini.

  1. Buka aplikasi atau game yang ingin kamu screenshot.
  2. Setelah kamu menentukan momen atau konten yang ingin di capture.
  3. tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  4. Lepas tangan setelah beberapa saat dan terdengar suara shutter atau notifikasi tanda screenshot telah berhasil di ambil. Suara shutter tidak akan berbunyi jika perangkat dalam posisi silent.
  5. Saat itu juga akan muncul sebuah window yang memberikan opsi edit, share, delete dan capture more.
  6. Fitur diatas sangat berguna jika hasil tidak sesuai, ingin langsung di edit atau langsung dibagikan ke sosmed dan orang lain tanpa perlu membuka gallery atau aplikasi lain.

Hasil screenshot akan tersimpan di memory internal Samsung Galaxy A50 dalam folder  Pictures/Screenshots. Kamu juga bisa melihat dengan aplikasi Gallery ataupun menggunakan file manager favoritmu.

Screenshot di Galaxy A50 dengan Palm Swipe Gesture

Fitur Palm Swipe gesture merupakan fitur unggulan yang pertama muncul di Samsung Galaxy S5, dan saat ini sudah bisa ditemukan di banyak seri Galaxy lainya termasuk A50 ini. Palm swipe gesture akan mendeteksi gerakan swipe telapak tangan pada layar. Pastikan saat swipe tetap harus sedikit menyentuh layar karena ini bukan fitur air gesture.

Dengan metode Palm Swipe Gesture, kamu bisa mengambil screenshot di Galaxy A50 dengan lebih cepat dari metode lainya. Fitur ini sudah secara otomatis menyala saat pertama kali hp dihidupkan, namun jika ingin memastikan jika fitur ini aktif, ikuti panduan berikut ini.

  1. Buka menu Settings.
  2. Pilih Advance features.
  3. Lalu pilih opsi Motion and gestures entity.
  4. Aktifkan fitur Palm swipe to capture.
  5. Setelah aktif, buka aplikasi atau game yang ingin di sreenshot.
  6. Saat momen yang tepat, tingal swipe telapak tangan kamu sedikit diatas layar smartphone.
  7. Jika berhasil akan muncul notifikasi dan pop-up window seperti panduan pertama.

Screenshot dengan Voice Command di Google Assistant

Cara screenshot Samsung Galaxy A50 selanjutnya adalah dengan perintah suara, tinggal aktifkan saja Aplikasi Google Assistant. Dengan cara ini kamu bisa mengambil screenshot menggunakan perintah suara.

  1. Buka aplikasi atau game yang ingin kamu abadikan.
  2. Tekan dan tahan tombol Home hingga muncul Google Assistant.
  3. Setelah itu kamu tinggal katakan perintah suara “take a screenshot”.
  4. Dan Assistant akan langsung melakukan perintah.

Sekian tutorial cara screenshot samsung galaxy A50, semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan sedikit membantumu yang punya smartphone ini. Jangan lupa ikuti dan subscribe akun sosmed kami ya, Happy Android :).