Driver ADB dan Fastboot keduanya memiliki fungsi yang berbeda tetapi Anda dapat menginstal keduanya dengan mudah hanya dengan satu klik. Jika Anda membutuhkan driver ADB & Fastboot, download melalui link yang akan kami berikan dibawah ini. Dan panduan cara install di komputer atau laptop.

Jika Anda ingin mem-flash atau menginstal file apa pun di ponsel Android menggunakan PC maka Anda pasti membutuhkan kedua driver tersebut. Driver ini membantu menghubungkan Telepon dengan PC. Jadi jika Anda belum menginstal driver apa pun, Komputer tidak akan mendeteksi perangkat Android anda. ADB & Fastboot sangat berguna disaat akan melakukan beberapa hal berikut Unlock Bootloader, Install custom recovery seperti TWRP, Melakukan root pada perangkat Android, flash file zip apa pun, Menginstal ROM khusus, Memperbaiki Bootloop, downgrade firmware, Mem-flash ROM.

Download dan Cara Install ADB & Fastboot Driver Terbaru

Jadi jika Anda ingin memodifikasi perangkat Android, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal driver ini terlebih dahulu. Anda dapat menginstal driver ini di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 dengan sangat mudah. Cukup ikuti panduan dan Anda akan mengetahui cara menginstal driver ADB & Fastboot serta cara menggunakan kedua driver ini.

Trending : GCam Realme 5i Apk Terbaru [Download]

Fungsi Driver ADB

ADB adalah singkatan dari Android Debug Bridge di mana istilah jembatan menentukan sebagian besar artinya. Driver ADB berisi file Android SDK sehingga tidak perlu menginstal driver untuk perangkat yang berbeda artinya suport semua Android, jadi penginstalan satu kali akan berfungsi dengan semua ponsel dari berbagai produsen seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Asus, Dll.

Penjelasan sederhananya, driver ini membantu PC untuk mengenali kabel USB perangkat Android. ADB membantu menyelesaikan tugas-tugas seperti menyalin file antara komputer dan telepon, menginstal dan menghapus aplikasi menggunakan pc, mengontrol telepon dari adb shell, dll. Itu tadi adalah beberapa fungsi dasar yang dimiliki oleh driver ADB.

Fungsi Fastboot Driver

Driver Fastboot sejatinya memiliki fungsi yang serupa dengan adb, yakni membantu PC/ komputer untuk mendeteksi perangkat Android. Tetapi ini akan berfungsi jika Android dalam mode Fastboot. Nah, Fastboot ini yang akan membantu untuk unlock bootloader, relock, debloat, mengaktifkan camera2API serta flashing file seperti recovery, kernel, firmware ke dalam sistem perangkat, dan masih banyak lagi funsi fastboot yang jika dijelaskan akan lebih panjang lagi.

Download ADB & Fastboot Driver Untuk PC Windows

Setelah membaca paragraf diatas, kita akan tahu seberapa pentingnya driver ini jika ingin meng-oprek Android, fungsi nya adalah untuk menghubungkan ponsel dengan PC. Jadi bagi opreker ini adalah driver yang wajib di install di komputer atau laptop. File download installer driver ini berukuran sekitar 9MB serta prosedur pemasangannya hanya memakan waktu sekitar 1-2 menit saja. Kita patut berterima kasih kepada anggota XDA Snoop05 yang telah membuatkan paket aplikasi ini, sehingga sangat mudah dalam instalasinya. Berikut adalah link download ADB & Fastboot Drivers Terbaru.

Download ADB & Fastboot Driver disini

Note : Sekali lagi, driver diatas sudah support segala jenis dan merk perangkat Android di pasaran saat ini, dari perangkat lawas hingga terbaru. jadi tidak perlu install berkali-kali tiap ganti smartphone.

Baca Juga : Download PUBG Mobile Apk Data terbaru disni

Cara Instal Driver ADB & Fastboot pada PC Windows

Setelah selesai mengunduh ADB & Fastboot Driver, sekarang saatnya untuk proses instalasi. prosesnya sangat singkat bahkan di pc kentang sekalipun, jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan khawatir pc gak kuat atau ngelag. Ikuti langkah-langkahnya dengan hati-hati agar instalasi berhasil.

  1. Jalankan file ADB & Fastboot.exe sebagai administrator. Klik kanan run as admin.
  2. Setelah itu akan muncul jendela command prompt berwarna biru dengan detail mengenai aplikasi ini.
  3. Pada bagian Do you want to install ADB and Fastboot? – ketik saja huruf Y dan tekan enter. lanjut
  4. Install ADB system-wide? – Ketik Y lagi lalu tekan enter.
  5. Do you want to install device drivers? – ketik Y kemudian tekan enter.
  6. Nah setelah menekan enter pada bagian 5 tadi, maka akan ada pop up installation window yang muncul.
  7. Klik Next saja lalu tunggu prosesnya. Jika sudah selesa klik Finish.\
  8. Restart PC atau Laptop dulu.
  9. Done! Driver fastboot siap disajikan.

Sekian artikel Download dan Cara Install ADB & Fastboot Driver Terbaru. Jika mengalami kesulitan selama proses diatas, bisa ditanyakan melalui kotak komentar dibawah. Semoga membantu, Terimakasih, Happy Android!!